Tarikh Penting Kalendar Islam 1432 hijri / 2011.



- 27 Rejab = 29 jun 2011 - Israk Mikraj
- 1 Ramadhan = 1 ogos 2011 - Awal Ramadhan
- 17 Ramadhan = 17 ogos 2011 - Nuzul Quran
- 1 Syawal = 30 ogos 2011 - Hari Raya Puasa / Idul Fitri
- 10 Zulhijjah = 6 november 2011 - Hari Raya Korban / Idul Adha
- 1 Muharam 1433 = 27 november 2011 - Awal Muharam / Maal Hijrah

Selasa, 19 Juli 2011

merawat jam tangan

Seringkali jam antik bagus yang kita miliki tidak bekerja sesuai yang kita harapkan, bermasalah atau malah menjadi rusak sama sekali. Bisa jadi bukan karena pemakaian yang kerap, melainkan kita tidak paham bagaimana cara merawat jam antik ini agar bisa senantiasa kita nikmati. memang butuh kesabaran, ketelitian dan toleransi yang besar apabila kita memiliki dan mengoleksi jam tangan dengan kategori antik. Berikut saya akan coba menjelaskan secara umum bagaimana sebaiknya kita merawat jam-jam antik kita:

WINDING
Sebuah jam mekanik manual winding harus selalu dilepas sebelum memutar crown (kenop utama) untuk mengisi tenaga. Pada saat memutar crown ini yang perlu diperhatikan adalah putaran crown jangan sampai melebihi torsi maksimum per movement. Pemutaran crown yang melebihi kekuatan maksimum akan dapat menyebabkan kerusakan pada movement (per patah dll). Berhentilah memutar crown saat dirasakan putaran crown sudah mulai berat. Hal ini menunjukkan bahwa per movement sudah hampir mencapai putaran maksimum. Disarankan melakukan aktifitas ini pada pagi hari sebelum anda melakukan aktifitas karena dengan demikian aktifitas anda tidak akan terganggu karena harus memutar jam.

Untuk jam mekanik automatic (self winding), tenaga untuk menggerakkan jam akan terisi secara otomatis saat pengguna bergerak saat mengenakan jam. Gerakan jam membuat bandul automatic di dalam jam berputar dan mengisi tenaga untuk bergerak. Apabila anda tidak menggunakan jam dalam waktu lebih dari 40 jam, kemungkinan jam anda akan mati karena tenaga yang tersimpan sudah habis. Untuk tetap membuat jam itu berfungsi meskipun tidak digunakan, anda dapat memutar crown secara manual untuk mengisi tenaga jam itu kembali (biasanya untuk movement buatan Swiss) atau meletakkannya dalam sebuah watch winder (alat pemutar jam). Beberapa movement automatic tidak memiliki kemampuan untuk diisi tenaga secara manual (seperti movement buatan Jepang pada umumnya), sehingga untuk 'memanaskan' mesti harus digoyang-goyang.

Sangat disarankan apabila anda memiliki banyak jam mekanik yang tidak sempat dipakai satu persatu untuk melakukan pengisian tenaga secara manual minimal sebulan sekali agar komponen di dalam jam dapat bergerak. Untuk jam mekanik complicated (perpetual calendar, alarm dll) sangat disarankan untuk menggunakan watch winder agar fungsi perpetualnya dapat berjalan dengan semestinya dan kita tidak perlu mengatur ulang saat hendak digunakan.
TIME and DATE SETTING
Proses perubahan tanggal pada jam mekanik melibatkan beberapa parts roda bergerigi dalam movement. HIndari untuk merubah tanggal secara manual (quick set atau trelek) pada periode antara jam 10 malam sampai jam 2 pagi karena pada periode ini mekanisme perubahan tanggal sedang berjalan, dimana parts yang terlibat dalam perubahan tanggal ini bergerak. Kalau dilakukan secara manual dikhawatirkan dapat mempercepat kerusakan parts di dalamnya. Putar jarum jam sampai melewati jam 2 pagi atau sebelum jam 10 malam, baru kemudian lakukan perpindahan tanggal secara manual. Mudahnya, posisikan jarum jam dan menit dibawah posisi angka 9 dan 3 (lihat gambar diatas).
AKTIFITAS
Hindari melakukan aktifitas berat dan melibatkan benturan keras saat mengenakan jam mekanik. Contoh, Seorang Golfer tidak disarankan mengenakan jam mekanik saat melakukan olah raga ini terutama saat melakukan pukulan keras. Benturan keras antara stick dan bola golf akan merambat sampai ke pergelangan tangan yang mengenakan jam dan hantaran getar ini apabila secara konsisten mengenai jam mekanik akan dapat mempercepat kerusakan movement jam tersebut. Juga tidak disarankan menggunakan jam dengan tali kulit saat melakukan aktifitas olah raga yang mengeluarkan keringat karena keringat yang menempel pada tali kulit dapat mempercepat kerusakan tali kulit. Sebaiknya gunakan tali karet, nylon atau rantai dan pakailah jam dengan movement quartz karena jauh lebih stabil saat menerima benturan.
Disarankan untuk segera membersihkan bekas keringat atau air (apalagi air laut) untuk jam-jam diver dengan kain bersih. Untuk jam-jam diver bisa terlebih dahulu dibilas dengan air bersih sebelum di lap untuk menghilangkan sisa-sisa air laut yang sekiranya masih menempel dan dapat menyebabkan kerusakan. Sikat yang lembut dan sabun dapat digunakan untuk membersihkan rantai jam dan kemudian mengeringkannya dengan kain katun yang kering dan bersih. Untuk jam-jam non diver cukup di lap dengan kain bersih saja.
JAM VINTAGE
Bagi anda yang memiliki dan mengoleksi jam antik, perlakuan harus lebih hati-hati dan teliti. Sebagian besar jam-jam antik tidak lagi memiliki kemampuan water resist yang baik karena itu hindari aktifitas yang terkait air saat mengenakan jam antik anda. Lebih baik melepas jam antik anda saat hendak cuci tangan atau naik motor saat gerimis. Segera hubungi tukang service jam untuk membuka jam saat terdapat embun atau uap air dalam dial jam dan mika. Segera keringkan tapi jangan langsung di lap dan bersentuhan dengan permukaan dial karena dapat menghilangkan lapisan dial atau bahkan tulisan-tulisan pada dial. Apabila ada embun dan uap air pada mika bagian dalam, segera balikkan jam anda agar uap air tidak sampai menetes ke atas permukaan dial. panasin permukaan dengan menggunakan hir dryer atau letakkan diatas lampu untuk menghilangkan uap air atau embun. Jangan terlalu dekat dengan permukaan jam untuk mengurangi resiko kerusakan yang lain.
Untuk jam-jam antik, sebaiknya seminggu sekali jam yang tidak anda pakai di 'panaskan' dengan menggerakkan jam tersebut. Semakin tua usia jam semakin rentan terhadap 'kekeringan' lubrikasi movement yang dapat menyebabkan movement macet dan bahkan mati. Kalau perlu pakai 2 buah jam di tangan kanan dan 2 buah jam lagi di tangan kiri untuk 'memanaskan' jam-jam tersebut.
Untuk membersihkan casing dan mika jam jangan menggunakan cairan-cairan yang mengandung zat kimia yang merusak atau menggerus permukaan logam. Banyak tukang service dan penggemar jam menyarankan agar membersihkan casing jam dengan menggunakan Brasso (atau KIT pembersih logam) dan juga bedak FANBO. Entah kenapa mesti bedak dengan merek itu yang dipakai, tapi memang hasilnya jadi lebih baik terutama untuk jam-jam yang terbuat dari gold (gold capped). Gunakan selalu kain yang bersih dan lembut untuk membersihkan jam antik anda karena kain yang kotor atau bertekstur kasar malah akan menbuat jam anda menjadi kusam.
PENYIMPANAN
Ini adalah salah satu kunci perawatan jam, karena serajin apapun anda membersihkan dan merawat jam tapi kalau jam anda sembarangan disimpan akan dapat mempercepat kerusakan. kelembaban di daerah kita cukup tinggi sehingga jam-jam yang disimpan dalam tempat yang tidak terjaga dapat menyebabkan munculnya bercak-bercak lembab pada permukaan jam. Sebaiknya simpan koleksi jam anda di tempat yang kering, tertutup, terjaga kelembabannya, bersih dan hindari sentuhan antara satu jam dengan jam lainnya. Sentuhan dapat berakibat gesekan yang menyebabkan goresan pada jam lainnya. Apabila anda tidak memiliki tempat tertutup, minimal lindungi setiap jam anda dengan tissue atau kain dan jangan lupa silica gel untuk mengurangi kelembaban. Semoga dapat membantu!

jamkuno.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More